Layanan
publik adalah salah satu kunci untuk menilai kualitas kota dan pemerintahannya.
Apabila layanan publik baik maka akan meningkatkan kepercayaan masyarakat
kepada pemerintahannya. Semua kota yang baik di negara yang maju mayoritas
memiliki layanan publik yang baik dari segi kecepatannya pelayanan, kemudahan
aksesibilitas, dan transparansi. Di Indonesia sendiri perbaikan pelayanan publik
masih terus diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya. Salah satunya yang
berhasil membuat terobosan guna perbaikan yaitu Surabaya. Hal tersebut membuat
Surabaya semakin tahun semakin menorehkan prestasinya baik skala nasional,
hingga penghargaan skala internasional mampu didapatkan. Berkat kerjasama
masyarakat dan keseriusan pemerintahannya untuk membuat Surabaya semakin maju.
Salah
satu terobosan yang menurut saya paling menarik adalah E Health Surabaya. Ya,
terobosan layanan publik pada bidang kesehatan memang sangat dibutuhkan bagi
masyarakat Surabaya. Dalam hal ini menurut saya pemerintah kota Surabaya
berhasil menjawab tantangan tersebut. E Health Surabaya sendiri merupakan
sistem layanan online untuk bidang kesehatan. Basisnya pun menggunakan internet
dan juga aplikasi yang dapat kita unduh di smartphone kita.
Pasti
kalian penasaran, apasih dampak dari penerapan E Health Surabaya ini? Hal
terbesar yang didapat adalah kecepatannya pelayanan, biasanya orang kalau mau
ke puskesmas atau rumah sakit harus antre hingga berjam jam, bahkan ada yang
mengantre dari mulai pukul 5 pagi. Nah, hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi
karena kalian hanya perlu mendaftarkan diri di aplikasi E Health Surabaya dan
kemudian datang berdasarkan jam dan nomer antriannya saja. Antrean panjang
selain membuang-buang waktu juga membuat aksibilitas pada rumah sakit atau
puskmesmas lebih terbatas. Dan kini kalian sudah ngga perlu bawa berkas yang
banyak untuk berobat, yang kalian butuhkan adalah e-ktp atau kartu bpjs saja.
Selain itu, kalian juga bisa mencari tahu layanan atau poli apa saja yang ada
di puskesmas yang anda tuju.
Beberapa
saat lalu saya mencoba menggunakan fasilitas ini, saya sendiri sudah mencoba
2x. yang pertama saya melalukan pemeriksaan vct yang saya perlukan untuk
pendaftaran beasiswa, kemudian saya mencari tahu melalui aplikasi E Health
Surabaya kemudian saya memilih puskesmas Jagir. Karena baru pertama kali ke
puskesmas saya sangat dimudahkan dengan aplikasi ini, akhirnya saya melakukan
tes pada sekitar pukul 9 pagi dan ternyata pelayananya sangat ramah dan cepat,
bagaimana tidak hasilnya pun dapat diambil siangnya dan karena saya mendapatkan
kartu JKN maka saya dibebaskan biaya hehe. Nah untuk orang yang baru pertama
kali ke puskesmas saya memiliki pengalaman dan impresi yang bagus dengan
puskesmas.
Oleh
karena itu, sekitar 3 hari setelahnya saya mendaftar lagi ke puskesmas Jagir,
kali ini tujuan saya yaitu untuk memeriksakan gigi dan memperbaiki gigi saya
yang patah. Tidak menunggu lama dari kedatangan saya, nama saya dipanggil untuk
masuk keruangan poli gigi, disitu saya akhirnya mendapat tindakan kalau tidak
salah istilahnya bounding dengan resin, sebenarnya ada 2 gigi yang patah yang
satu dapat diperbaiki saat itu juga yang satu lagi harus di crowning dan tidak
dapat dilakukan di puskesmas. Lagi-lagi berkat kartu sakti JKN saya tidak
dikenakan biaya. Ya, impresi saya tentang puskesmas saat ini sangat baik, dulu
melihat antrean saja sudah membuat saya sedikit malas hehe. Bahkan saya
berencana ke puskesmas lagi guna melakukan scalling gigi.
Ohya,
kalau kalian pasien umum anda tidak perlu khawatir akan terkuras kantongnya karena
pelayanan dipuskesmas memiliki tarif yang menurut saya sangat murah! Selain itu
tentunya mudah dan cepat!
Dengan pemanfaatan teknologi
E-Government yang diterapkan pada #LayananPublikSurabaya semakin membuat saya #BanggaSurabaya
dan juga semakin yakin untuk mewujudkan Indonesia yang maju!







No comments:
Post a Comment