E-Health Surabaya, Inovasi Pemerintah Untuk Warganya!



            


    Layanan publik adalah salah satu kunci untuk menilai kualitas kota dan pemerintahannya. Apabila layanan publik baik maka akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintahannya. Semua kota yang baik di negara yang maju mayoritas memiliki layanan publik yang baik dari segi kecepatannya pelayanan, kemudahan aksesibilitas, dan transparansi. Di Indonesia sendiri perbaikan pelayanan publik masih terus diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya. Salah satunya yang berhasil membuat terobosan guna perbaikan yaitu Surabaya. Hal tersebut membuat Surabaya semakin tahun semakin menorehkan prestasinya baik skala nasional, hingga penghargaan skala internasional mampu didapatkan. Berkat kerjasama masyarakat dan keseriusan pemerintahannya untuk membuat Surabaya semakin maju.

                Salah satu terobosan yang menurut saya paling menarik adalah E Health Surabaya. Ya, terobosan layanan publik pada bidang kesehatan memang sangat dibutuhkan bagi masyarakat Surabaya. Dalam hal ini menurut saya pemerintah kota Surabaya berhasil menjawab tantangan tersebut. E Health Surabaya sendiri merupakan sistem layanan online untuk bidang kesehatan. Basisnya pun menggunakan internet dan juga aplikasi yang dapat kita unduh di smartphone kita.

               
Pasti kalian penasaran, apasih dampak dari penerapan E Health Surabaya ini? Hal terbesar yang didapat adalah kecepatannya pelayanan, biasanya orang kalau mau ke puskesmas atau rumah sakit harus antre hingga berjam jam, bahkan ada yang mengantre dari mulai pukul 5 pagi. Nah, hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi karena kalian hanya perlu mendaftarkan diri di aplikasi E Health Surabaya dan kemudian datang berdasarkan jam dan nomer antriannya saja. Antrean panjang selain membuang-buang waktu juga membuat aksibilitas pada rumah sakit atau puskmesmas lebih terbatas. Dan kini kalian sudah ngga perlu bawa berkas yang banyak untuk berobat, yang kalian butuhkan adalah e-ktp atau kartu bpjs saja. Selain itu, kalian juga bisa mencari tahu layanan atau poli apa saja yang ada di puskesmas yang anda tuju. 


                Beberapa saat lalu saya mencoba menggunakan fasilitas ini, saya sendiri sudah mencoba 2x. yang pertama saya melalukan pemeriksaan vct yang saya perlukan untuk pendaftaran beasiswa, kemudian saya mencari tahu melalui aplikasi E Health Surabaya kemudian saya memilih puskesmas Jagir. Karena baru pertama kali ke puskesmas saya sangat dimudahkan dengan aplikasi ini, akhirnya saya melakukan tes pada sekitar pukul 9 pagi dan ternyata pelayananya sangat ramah dan cepat, bagaimana tidak hasilnya pun dapat diambil siangnya dan karena saya mendapatkan kartu JKN maka saya dibebaskan biaya hehe. Nah untuk orang yang baru pertama kali ke puskesmas saya memiliki pengalaman dan impresi yang bagus dengan puskesmas. 



                Oleh karena itu, sekitar 3 hari setelahnya saya mendaftar lagi ke puskesmas Jagir, kali ini tujuan saya yaitu untuk memeriksakan gigi dan memperbaiki gigi saya yang patah. Tidak menunggu lama dari kedatangan saya, nama saya dipanggil untuk masuk keruangan poli gigi, disitu saya akhirnya mendapat tindakan kalau tidak salah istilahnya bounding dengan resin, sebenarnya ada 2 gigi yang patah yang satu dapat diperbaiki saat itu juga yang satu lagi harus di crowning dan tidak dapat dilakukan di puskesmas. Lagi-lagi berkat kartu sakti JKN saya tidak dikenakan biaya. Ya, impresi saya tentang puskesmas saat ini sangat baik, dulu melihat antrean saja sudah membuat saya sedikit malas hehe. Bahkan saya berencana ke puskesmas lagi guna melakukan scalling gigi.



                Ohya, kalau kalian pasien umum anda tidak perlu khawatir akan terkuras kantongnya karena pelayanan dipuskesmas memiliki tarif yang menurut saya sangat murah! Selain itu tentunya mudah dan cepat!
Dengan pemanfaatan teknologi E-Government yang diterapkan pada #LayananPublikSurabaya semakin membuat saya #BanggaSurabaya dan juga semakin yakin untuk mewujudkan Indonesia yang maju! 

No comments:

Post a Comment